Logo Header

Artikel

Jenis-Jenis Bahan T-Shirt / Kaos

Jenis-Jenis Bahan T-Shirt / Kaos

COTTON COMBED:
Bahan kaos cotton combed adalah bahan katun yang paling halus dan telah mengalami proses penyisiran (combed) terlebih dahulu sebelum dipintal menjadi gulungan benang. Karena adanya proses tambahan tersebut, maka umumnya harga bahan kaos cotton combed akan lebih mahal dibandingkan bahan katun (cotton) reguler, tetapi lebih berkualitas dan benangnya pun lebih kokoh. Proses penyisiran tersebut dimaksudkan untuk membuang benang-benang yang pendek sehingga tidak tercampur, atau dalam kata lain guna melakukan seleksi atas benang-benang katun sehingga hanya yang terbaik yang tersisa. Bahan Kaos Cotton Combed ini murni menggunakan bahan katun saja tanpa dicampur dengan bahan-bahan sintetis seperti Polyester sehingga tidak memiliki campuran senyawa kimia di dalamnya. Sementara tanpa adanya proses Combed pada bahan katun biasa maka tekstur permukaannya biasanya jauh lebih kasar dibandingkan cotton combed dan akan terlihat memiliki serabut-serabut benang pendek apabila dilihat dari dekat.

KARAKETRISTIK BAHAN COTTON COMBED
Ada Cotton Combed 20s, 24s, dan 30s merujuk pada ketebalan kain cotton combed. Deretan angka dan huruf tersebut menunjukkan jenis benang yang digunakan dan ukuran beratnya. Jenis cotton combed yang paling banyak beredar di pasaran adalah 20s, 24s, 30s. Semakin tinggi angkanya, semakin tipis dan lemas kain yang dihasilkan. Jadi cotton combed 20s adalah yang paling tebal, sementara 30s paling tipis dan lunak. Combed 20s mempunyai gramasi kain 190-200 gsm yang artinya kain ini cukup tebal dan Combed 30s merupakan kebalikannya karena kainnya lebih tipis dengan gramasi 140-150 gsm. Kedua kain ini sama-sama dibuat dari 100% serat cotton.



POLYESTER (PE)
PE adalah singkatan dari polyester sedangkan polyester sendiri terbuat dari dua kata poly dan ester. Nah, Poly-ester adalah bahan yang dibuat dari pengulangan senyawa “ester” yang diproses secara kimia sehingga membentuk serat sintetis yang bisa menjadi bahan dasar sebuah produk.

Karakteristik Bahan Polyester (PE)
Bicara soal karakteristik bahan kaos PE hampir didominasi akan kekuranganya yaitu bahan ini tekstur atau hand feel sedikit kasar, tipis dan memiliki daya serap yang sangat minim ( sulit menyerap keringat). Untuk kelebihan bahan kaos PE adalah tidak mudah kusut sehingga mudah dalam perawatan.


SPANDEK/SPANDEX
Kain dengan nama spandek atau spandex ini adalah sejenis bahan pakaian yang dibuat dari serat buatan manusia atau sintetis yang mempunyai karakter elastis, sehingga bahan ini juga sering disebut bahan Elastane. Spandex dibuat dari jenis serat sintetis yang terkenal memiliki elastisitas lebih baik dari rubber.

Karakteristik Bahan SPANDEX
Kain spandek kebanyakan bersifat halus dan lembut. Selain lembut, kain ini juga memiliki daya elastisitas yang tinggi sehingga dapat mengikuti bentuk tubuh. Kain spandek memiliki bahan yang ringan dan dapat merenggang hingga 5 kali dari ukuran aslinya, bahan spandex biasanya dijadikan untuk pakaian olahraga.


JERSEY/DRIFIT
Kain Drifit. Kain drifit merupakan salah satu jenis bahan jersey olahraga yang biasa terbuat dari serat polyester, nilon dan campuran katun.

Karakteristik Bahan JERSEY
Bahan jersey dapat merenggang (cotton stretch) karena sifatnya yang sangat elastik dan fleksibel. Kain jersey termasuk kain yang tidak terlalu perlu disetrika karena tidak mudah kusut. Tekstur kain sangat nyaman ketika digunakan karena dingin dan langsung jatuh mengikuti lekuk tubuh dan tidak ketat, biasanya juga dijadikan pakaian olahraga.


HYGET
Bahan kain hyget adalah salah satu jenis bahan kaos yang terbuat dari kombinasi antara polyester dan cotton. Harga yang murah dibanding jenis kain lainya menjadi kelebihan tersendiri kain ini. Kain hyget ini sering digunakan untuk pembuatan kaos dengan budget yang rendah.

Karakteristik Bahan HYGET
Sebagai salah satu jenis bahan kain yang dibuat dari campuran polyester dan cotton, kain hyget secara umum memiliki tampilan yang terkesan agak mengkilat, cukup ringan dan tidak cepat rusak asalkan dirawat dengan cara yang tepat. Kain hyget sendiri beberapa ada yang tebal namun ada pula yang sangat tipis, bahan hyget biasa di gunakan untuk baju partai saat pemilu.
Artikel Jenis-Jenis Bahan T-Shirt / Kaos
Reviews System WIDGET PACK

Lates Artikel

JenisJenis Bahan JaketJenis-Jenis Bahan Jaket