Logo Header

Artikel

Jenis-Jenis Bahan Jaket

Jenis-Jenis Bahan Jaket

BAHAN FLEECE
Jenis bahan fleece umumnya terbuat dari campuran cotton dan wool. Bahan kain ini memiliki bulu halus, tekstur yang lembut dan bersifat menyerap air (hidrofobik). Sifat bahan ini adalah empuk, halus dan hangat. Jika dipakai untuk membuat jaket, bahan fleece sangat baik dalam menahan panas tubuh sehingga penggunanya akan merasa hangat. Karena itulah jaket yang memakai bahan fleece sebaiknya tidak dipakai saat cuaca panas terik. Cocok bagi mereka yang berada diwilayah cukup dingin. Bahan fleece bisa digunakan untuk membuat jaket hoodie, jaket varsity, dan sweater.
Bahan fleece ini tersedia dalam beberapa jenis, setiap jenis bahan fleece mempunyai komponen bahan kain dan karakteristik berbeda juga.
A. Cotton fleece
Jenis fleece ini memiliki warna yang lebih cerah dan lebih ringan dibandingkan jenis bahan fleece lain. Bahan kain ini memiliki konsentrasi katun lebih banyak dibandingkan polyesternya.
B. Polar fleece
Terbuat dari campuran polyester, katun, viscose dan serat sintetik lainnya.
C. Polyester fleece
Mengandung polyester yang cukup banyak sehingga memiliki tekstur lebih kaku dan tampilan lebih mengkilap dibandingkan dengan cotton fleece.
D. CVC fleece
Terdiri dari 55% cotton combed dan 45% viscose. Tingkat susut polanya lebih kecil dari bahan katun biasa dan menyerap keringat.

BAHAN DENIM / JEANS
Bahan ini biasanya digunakan untuk pembuatan celana jeans. Akan tetapi sekarang sudah banyak juga yang memanfaatkannya untuk dibuat jaket, rompi, topi, atau blazer. Coraknya yang cukup unik membuat jenis bahan ini disukai banyak orang. Teksturnya pun bervariasi, ada yang lembut dan ada yang kasar, tidak terlalu lentur, dan kuat.

BAHAN TASLAN
Bahan taslan merupakan bahan kain yang sangat popular dan bahan yang terkenal cukup eksklusive untuk dijadikan jaket karena sifatnya anti ari/waterproof (walaupun tidak semua jenis bahan taslan bersifat anti ari). Jenis bahan taslan ini ada beberapa macam yaitu taslan salur, taslan korea, dan taslan lokal. Sepintas bahan taslan mirip dengan bahan parasut, tapi jenis bahannya lebih tebal, lembut, ringat dan kuat dibandingkan dengan bahan parasut. Bahan taslan ini biasanya digunakan untuk jaket motor, jaket varsity, rompi, parka atau jaket keperluan outdoor lainnya. Jenis kain ini selain anti ari, bahan taslan juga tidak mudah ditembus angin.

BAHAN KATUN TWILL
Bahan ini sebenarnya masih dalam kategori kain katun. Biasanya bahan twill ini juga disebut katun twill. Kalau katun jepang, tentu anda sudah tidak asing bukan? Nah, kalau katun twill ini sebenarnya tetangga dari katun jepang. Namun lain dari bahan twill ini adalah katun cina. Secara kwalitas, bahan katun twill atau katun cina ini juga tidak beda jauh dengan katun jepang. Apabila dilihat secara sekilat, kain ini Nampak memiliki pori yang besar, padahal sebenarnya juga tebal, meskipun tidak setebal katun jepang. Selain itu, kain ini juga cocok dipakai sebagai bahan jaket lapangan atau kantor, kemeja lapangan hingga celana dengan bentuk kargo, lalu apa saja sih sebenarnya karakteristik, kelebihan dari bahan twill ini? Karakteristik bahan twill berbeda dengan kain lainnya. Bagitu juga dengan bahan twill ini. Ia memiliki karakteristik yang unik dibandingkan dengan kain lainnya, yaitu permukaan diagonal maksudnya bahan ini memiliki permukaan yang diagonal sebagaimana kain drill. Dingin dan nyaman, tekstur tipis, warna kurang mencolok, kuat dan tahan lama, perawatan yang mudah, menyerap keringat, kasar tapi lembut. Untuk kelebihan dari kain ini adalah lentur, warna yang tidak mudah pudar, daya serap keringat yang lumayan, adem, nyaman dan kuat serta tahan lama.

BAHAN BABY TERRY
Sudah tahukah anda apa sih bahan baby terry tersebut? Bahan baby terry merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat pakaian hangat seperti jaket, sweater dan lain-lain. Bahan ini dibuat dari serat kapas dan biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat pakaian hangat. Bahan ini memiliki tekstur sangat lembut dan juga halus, namun tidak berbulu, tetap nyaman dan ringan saat dipakai, memiliki daya serap yang tinggi namun tidak memberikan kesan panas, meskipun bisa memberikan rasa hangat saat dikenakan, bahan ini tidak akan membuat pemakainya merasa gerah dan bagain dalam lembut seperti selimut.

BAHAN DIADORA
Bahan diadora adalah bahan yang sering digunakan untuk jaket yang bernuasa sport. Bahan ini agak terlihat mengkilat dan agak lebih tebal dibandingkan dengan bahan-bahan lain yang sering digunakan untuk jaket sport. Bahan ini disebut diadora kerana bahan ini meniru dari merek terkenal diadora (perusahaan sport internasional), sehingga disebut oleh orang Indonesia bahan diadora. Bahan diadora ini biasaya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty.

BAHAN LOTTO
Bahan lotto adalah bahan yang terlihat agak mengkilat hampir sama dengan bahan diadora namun lebih tipis dari bahan diadora, bahan lotto memiliki kain yang halus, lembut dan juga lentur sehingga nyaman dipakai untuk berolahraga atau aktivitas lain yang banyak mengeluarkan keringat. Bahan lotto ini hampir sama seperti jenis kain brand terkenal yaitu diadora dan Adidas yang memang di desain khusus untuk membuat pakaian olahraga. Bahan ini sering digunakan untuk bahan sweater atau jenis pakaian berbau sport. Sehingga pakaian olahraga dengan kain lotto terlihat sangat sporty dan elegan.

BAHAN ADIDAS
Ketika mendengar kata Adidas hal apa yang pertama kali terlintas dalama benak anda?
Sebagai dari teman-teman pasti terbayang akan perusahaan multinasional jerman yang mendesain dan memproduksi pakaian olahraga dan aksesoris berbasis di Herzogenaurach, Bavaria, jerman. Tapi kali ini kita akan membahas bahan kain Adidas. Bahan ini bisasanya lebih banyak digunakan untuk membuat kaos, sweater, jaket dan pakaian olahraga yang bertema sporty. Kain Adidas memiliki tekstur sedikit tebal, permukaan bagian depannya halus, dan bagian dalamnya tidak berbulu. Selain terbilan cukup elastis dan cenderung hangat, ketika dipakai, kain ini juga memiliki daya serap keringat yang baik meskipun hanya sedikit.
Artikel Jenis-Jenis Bahan Jaket
Reviews System WIDGET PACK

Lates Artikel

JenisJenis Bahan JaketJenis-Jenis Bahan Jaket