Logo Header

Artikel

Jenis-Jenis Bahan Kemeja & Celana

Jenis-Jenis Bahan Kemeja & Celana

DRILL
Bahan drill yang biasa di pakai untuk seragam kemeja dan celana, Kata “drill” pada nama bahan kain drill, berasal dari kata dalam Bahasa Jerman “drillich” yang artinya tiga ulir atau tiga benang. Kain drill adalah kain dengan tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang kuat. Material yang digunakan untuk membuat kain drill ini bervariasi ada yang katun murni (100% katun) dan ada yang merupakan campuran antara katun dan polyester.

Awalnya bahan kain drill digunakan untuk membuat seragam tentara Inggris di India yang terkenal dengan sebutan Khaki Drill (KD). Kata Khaki berasal dari Bahasa India “khak” yang berarti “warna dari debu”. Pada akhir tahun 1840-an, resimen pasukan India menggunakan  pakaian berwarna “khaki” saat berjaga-jaga di perbatasan untuk membuat mereka tidak terlihat di wilayah yang penuh dengan debu itu. Sejak saat itu istilah Khaki dan Bahan Drill menjadi populer dan sering digunakan.

Setelah perang usai, beberapa tentara masih sering mengenakan pakaian ini pada aktivitas sehari-hari. Seiring waktu, trend pakaian berbahan kain drill ini pun bergeser dan mulai dilirik para desainer untuk dijadikan pakaian casual.
Berdasarkan dari ukuran serat pintalan kain drill, jenis kain drill dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
1. Twist atau Twill Drill, yang merupakan kain drill dengan serat paling kecil
2. American Drill,  memiliki serat pintalan kain drill berukuran sedang/menengah
3. Japan Drill, merupakan bahan drill yang memiliki serat paling tebal dibanding jenis kain drill yang lain

KARAKTERISTIK BAHAN KAIN DRILL
Kain Drill dapat dikenali dengan karakter berikut ini:
* Memiliki tekstur pintalan yang secara visual terlihat berupa garis-garis miring atau diagonal
* Permukaan kain bertekstur cukup lembut
* Kain memiliki jalinan atau tenunan yang terasa kuat dan kokoh
* Kain tidak mudah kusut
* Permukaan kain antara bagian depan dan belakang berbeda.


BAHAN KEMEJA COTTON
cotton termasuk kedalam jenis kain rajut (knitting) yang terbuat dari berbahan dasar serat kapas. Kain ini memiliki karakteristik tidak mudah kusut saat dicuci, tidak luntur untuk bahan berwarna, sedikit kaku namun terasa dingin dan menyerap keringat sehingga sangat nyaman saat digunakan sebagai bahan kemeja.

BAHAN KEMEJA COTTON JEPANG
adalah jenis kain katun yang diimpor dari Jepang. Karena itulah kain ini biasa juga disebut katun Jepang import. Serat kain yang dimiliki cotton jepang sangat rapat dan kainnya tidak menerawang. Karakteristik bahan kain cotton jepang secara umum adalah adem, halus, mudah diatur, tidak licin dan tidak menerawang.
Artikel Jenis-Jenis Bahan Kemeja & Celana
Reviews System WIDGET PACK

Lates Artikel

JenisJenis Bahan JaketJenis-Jenis Bahan Jaket